Mendesain Hidupmu

Oleh Braja Santika

puntang 2013

Puntang, 2013

Pernah gak sih kamu coba ingat-ingat lagi, dulu waktu pas masih SD cita-cita kamu apa? Apakah sekarang berubah atau masih sama cita-citanya?

Saya ingat, dulu waktu SD cita-cita saya ingin jadi profesor, terus pengen jadi dokter. Terus masuk SMP berubah pengen jadi penulis, pemusik, bikin film animasi, programmer.

Sagala rupa cita-cita teh, tapi pas masuk SMA, terus kudu milih kuliah, kenapa jadi aneh ya?

Kenapa dunia nyata teh gak seru, lebih banyak ngeboseninnya.

Ngeliat ayah saya sendiri, kerjanya gitu aja tiap hari. Pergi subuh, duduk di kantor, pulang sore, terus kerja sampingan, dagang, pulang malam, tidur, terus besoknya gitu lagi.

Ada kadang tugas ke luar kota atau ke luar negeri, tapi kan itu teh kerja bukan jalan-jalan.

Ada istirahat hari Sabtu-Minggu, tapi kan mesti ngurus anak-anak. Mangkaning anak-anaknya ada lima orang.

Mungkin ngebosenin teh, kalau gak ada tujuan hidup kali ya? Kalau punya mah pasti lebih semangat.

Nah, ini bahasan yang menarik nih… Bagaimana kita bisa mendesain hidup kita? Kan dibilang semua sudah diatur oleh Allah SWT, jadi kita mah tinggal jalanin aja, gak perlu repot-repot.

Tapi serunya dimana coba?

Lahir, makan, minum, sekolah, pergi, pulang, sekolah lagi, jalan-jalan, sekolah lagi, kuliah, kerja, kawin, punya anak, ngurus anak, ngawinin anak, kerja lagi, pensiun, naik haji, sakit, meninggal.

Kan seru kalau di semasa hidup sempet keliling dunia, bertemu orang-orang dan datang ke tempat-tempat unik, mencoba segala macam makanan dan minuman, terus bisa ngewarisin banyak buat keluarga.

Nah, masalahnya rejeki dan sukses itu beda-beda buat tiap orang. Menurutmu sukses itu seperti apa?

Tiap hari kita berdoa, meminta kebaikan di dunia dan di akhirat. Tapi kebaikan yang seperti apa yang kita minta teh?

Karena semua itu ada harganya.

Masihkah kamu bermalas-malasan?

Masihkah kamu menunda-nunda pekerjaan?

Masihkah kamu lebih milih jajan daripada menabung?

Masihkah kamu lebih milih scrolling medsos daripada baca buku?

Di waktu liburan sekolah yang tinggal 3 minggu lagi, kamu sudah mempersiapkan apa?

Sayangnya di Indonesia mah, pendidikan itu belum menjamin kamu bisa sukses. Tapi di negara lain juga gitu sih, walaupun peluang untuk dapat suksesnya lebih gede kalau di negara lain mah. Saya pribadi lebih banyak dapat ilmu yang bermanfaat itu di luar sekolah, seperti di pramuka dan di organisasi lainnya.

Jadi balik lagi ke kita sendiri. Mau hidup yang seperti apa?

Rencanakan dengan baik, tapi yang lebih utama, jalanin rencananya.

Seperti motto seorang pandu: Be Prepared. Senantiasa Bersedia.

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: ,
Ditulis dalam Pembina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 1.300 pengikut lainnya

Arsip
Kategori
%d blogger menyukai ini: