Memecahkan Sandi, Jelajah Kota Bandung

Oleh Raisha Hayyunindita

Pada hari Sabtu tanggal 27 Agustus 2016, seperti biasa saya berangkat untuk melaksanakan latihan pramuka.

Setiap hari Sabtu saya memang melaksanakan latihan di Sanggar, tetapi sekolah dikunci saat itu dan saya pun tidak bisa masuk ke dalam Sanggar. Awalnya saya bingung jika tak bisa masuk ke Sanggar untuk melanjutkan latihan sebelumnya. Dalam hati saya bertanya, “Apa yang saya lakukan hari ini?”…. Tak lama kemudian beberapa teman saya datang, yuk kenalan! ada Kak Hanan, Kak Layla, Kak Aldi dan teman sekelas saya Seruni. Awalnya kami saling menanyakan apa yang akan kami lakukan hari ini tetapi pesan datang dari Akang, ya.. dia adalah kakak Pembina pramuka tetapi kami lebih akrab menyebutnya dengan sebutan Akang.

sandi 1

Pesan tersebut berbentuk sebuah sandi  “morse“, kami secepatnya memecahkan sandi tersebut, dan ternyata sandi tersebut menunjukkan bahwa kami diminta untuk menyiapkan kamera, buku dan alat tulis. Wah…. Kami sudah bisa menebaknya kalau hari ini kami akan jalan-jalan, karena tak biasanya Akang menyuruh kami untuk mempersiapkan peralatan sebelum Akang datang …..Hahaha….!

Setelah kami memecahkan sandi tersebut kami mengirim pesan kepada Akang arti sandi tersebut, tak lama kemudian Akang datang, dan benar saja kalau kami akan mengunjungi beberapa tempat di daerah Bandung.

YBXNFV CREGNZN GVGVX ABY XBGN ONAQHNT

Akang memberikan sebuah petunjuk untuk menuju ke tempat pertama. Untuk bisa mengetahui kemana kami akan pergi ke tempat pertama kami diminta untuk memecahkan sandi terlebih dahulu, sandi tersebut menunjukan bahwa kami harus menemukan titik nol kota Bandung yang berada di Asia Afrika. Untuk menuju kesana kami menaiki angkot dengan jurusan “Buah batu–Kb. Kelapa”, sangat menyenangkan bisa jalan-jalan mengelilingi kota Bandung yang ramah ini karena kami sempat tak tahu jalan untuk menuju tempat tersebut.

Setelah sampai di sana kira-kira pukul 8 kami berfoto-foto di monumen titik nol kota Bandung. Kami mengirim foto-foto tersebut ke Akang sebagai bukti bahwa kami sudah sampai di tempat pertama. Selanjutnya Akang mengirimkan pesan berikutnya berupa sandi yang terbalik-balik hurufnya,

ISAKOL AUDEK NAMAT POTFOOR LLAHTS GNUDNAB

setelah berhasil memecahkan sandi yang dimaksud  kami pun melanjutkan perjalanan ke tempat kedua yaitu Taman Rooftop St. Hall yang letaknya tidak terlalu jauh dari dari Jalan Asia Afrika, sehingga kami pun jalan kaki sampai stasiun tapi ternyata tidak mudah untuk dapat menemukan Taman Rooftop, dan kami hampir menyerah hingga akhirnya Akang mengirim pesan berikutnya bahwa kami harus segera menaiki kereta api “KRD lokal” dari stasiun tersebut sampai ke Cikudapateuh. Ini nih yang paling seru yaitu naik kereta bersama senior-senior pastinya. Dari Cikudapateuh kami menaiki angkot jurusan “Ciroyom-Cikudapateuh”. Selanjutnya Akang mengirim pesan sandi untuk menyuruh kami segera kembali ke sekolah.

OLPZHR PVGRTZ HGZHRFM XRPFWZKZGVFS – Silakan naik kereta krd lokal dari stasiun Bandung pintu selatan pukul 10.15 ayo lari!

160827-1

Banyak sekali cerita yang ingin saya ceritakan pada Akang saat itu  tentang pengalaman dan suasananya saat itu….pokoknya gak sia-sia saya memilih kegiatan ini. Dengan adanya pengalaman ini saya jadi punya pegalaman yang seru dan menyenangkan serta bisa menambah wawasan.

Terima kasih buat semuanya… kenangan ini tidak akan saya lupakan….

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: , ,
Ditulis dalam Latihan Rutin, Pasukan Christina Martha Tijahahu, Pasukan Sam Ratulangi, Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Arsip
Kategori
%d blogger menyukai ini: