Perkemahan di Batu Kuda

Pada hari Rabu (2 hari sebelum kemping) sesudah pulang sekolah aku dan reguku,yaitu anggrek belanja makanan dan barang-barang yang diperlukan untuk kemah nanti.Uang yang dipakai untuk membeli perbelanjaan regu diambil dari uang kas regu,karena uang kas regu sudah terkumpul dan teman-teman sudah melunaskannya.tetapi ada 1 orang yang tidak diperbolehkan oleh orangtuanya untuk berkemah,jadi yang ikut kemah 5 orang.Pada hari kamisnya sekolah diliburkan karena dipakai untuk tes SBMPTN.Pada hari itu aku menyiapkan keperluanku yang belum lengkap,sedangkan berang-barang dan bahan makanan regu dibagi-bagi membawanya.

Keesokan harinya,yaitu hari jumat aku dan anak pramuka lainnya pergi untuk berkemah,tetapi sebelumnya aku dan anak-anak pramuka sekolah,karena mau mengembalikan buku bos.semua anak pramuka yang ikut berkemah membawa tas yang gede dan sangat berat,tetapi tas aku dibawakan oleh ayahku,karena sangat berat heheh..jadi tempat sanggar pramuka dipenuhi oleh tas-tas yang gede dan berat.seharusnya kita pergi jam 2 siang,tetapi gatau karena apa,jadi perginya jam 4 sore.

jinan-1 jinan-2

Kita berangkat ke batu kuda menyewa angkot,dan reguku (anggrek)seangkot sama regu hiu.saat perjalanan menuju batu kuda,diangkot kami bernyanyi ,bercanda-canda dan diangkot juga kami bermain kartu…memang cukup rame seangkot sama regu hiu haha…

jinan-3

Sampai di batu kuda pada waktu menjelang isya,sesampainya disana aku dan reguku mendirikin tenda karena cukup gelap,jadi mendirikan tendanya cukup lama.setelah selesai mendirikan tenda ,kami membereskan barang barang,kemudian kita bergantian untuk menyiapkan makan malam dan shalat.sesudah itu kami membagi-bagi jadwal malam untuk menjaga tenda.bagian jaga pertama yaitu aku dan wulan dari jam 10-12 malam,pada saat itu aku dan wulan bercerita tentang tempat batu kuda ini.kami menaburi garam dan bedak karena takut ada binatang yang masuk ke tenda kami,karena saking dinginnya wulan membuat pop mie dan aku meminum air hangat,karena tidak membawa pop mie.kita ikut bikin air ke regu hiu karena regu hiu sedang membuat air.setelah bagian jaga malam ke-2 aku dan wulan bergegas untuk tidur.jaga malam ke-2 yaitu khanza dan ajrinadari jam 12-2 pagi,dan jaga malam ke-3yaitu layladari jam 2-4 pagi.Pada saat bagian jaga malam layla aku dan wulan bangun dan menemani layla karena jaga sendirian,pada saat itu kami bertiga berkumpul dengan regu lainnya membuat api unggun.

jinan-4

Ketika jam 4 pagi kami membangunkan yang lainnya untuk bersiap-siap melaksanakan shalat subuh berjama’ah.Setelah melaksanakan shalat subuh kami berolahraga,kemudian reguku membagi-bagi tugas lagi untuk bergantian,sebagian ada yang menyiapkan makanan dan ada yang mandi.tetapi reguku tidak mandi,karena kamar mandinya kotor dan ada kamar mandi yang dindingnya pendek sehingga orang yang mengisi kamar mandi sebelah bisa keliatan,jadi aku dan reguku bergantian untuk menyeka badan dengan tissue basah dan mengganti baju di dalam tenda.

jinan-5

Setelah berganti baju dan makan kami bersiap-siap untuk higking ke batu kuda sesampainya dibatu kuda ada 4 orang yaitu ajrina,hanan,dan wulan termasuk aku turun lagi ke bawah/kembali ke tenda,karena tidak kuat untuk melanjutkan higking ke puncak.perjalanan kembali ketenda kami ber empat menemui banyak anjing,untungnya anjingnya tidak mengejar/mengikuti.setelah sampai ditenda kami membereskan dan membersihkan tenda karena berantakan.kemudian kami disuruh untuk operasi semut.kemudian aku ajrina dan wulan membuat makanan untuk makan siang nanti,karena kami 1 regu,sedangkan hanan beda regu dengan kami,hanan membantu kami memasak,karena pada saat itu parafinnya susah untuk menyala,dan hanan membawa kompor listrik jadi kami meminta bantuan kepada Hanan.

Setelah yang lainnya (anak pramuka yang melanjutkan higking ke puncak)datang /kembali ketenda baju dan celana mereka kotor semua gara-gara terjatuh saat turun dari puncak,dan temanku sakit kaki dan pinggang.setelah makanannya jadi kami makan siang bersama,setelah itu kami shalat bergantian didalam tenda.pada sore hari setelah shalat ashar kami (regu anggrek)tidur-tiduran sambil ngobrol dengan regu tsubaki yaitu Amanda dan anggia.pada saat ngobrol Amanda melihat ada kotoran burung ditendaku hahaha,semuanya tertawa lalu aku yang membersihkannya karena tidak ada yang mau membersihkannya.kemudian Amanda melihat ada ulat di atas kerudung anggia,lalu anggia dan kami semua teriak dan tertawa melihat anggia yang teriak-teriak ketakutan,lalu Amanda mengambil ulatnya memakai tissue.

Setelah itu khanza menyalakan lagu didalam tenda sambil yang lainnya tidur-tiduran didalam tenda.Pada saat itu aku dan wulan tertidur didalam tenda karena cape dan kurang tidur akibat jaga 2 kali.kemudian aku dan wulan bangun dan tidak ada siapa-siapa didalam tenda,Cuma aku dan wulan,kami kira ada tugas,sehingga yang lainnya keluar dan tidak ada didalam tenda,ternyata mereka ada didalam tenda regu tsubaki.

jinan-6

Setelah itu para pir dipanggil dan diberi tugas oleh kang braja.tugasnya yaitu menggambar benda yang ada dihadapan kita dan membuat drama tentang batu kuda.setelah itu menjelang maghrib kami siap siap untuk melaksanakan shalat maghrib,dan sebagian orng bergantian untuk menyiapkan makan malam.setelah itu kami semua berkumpul membuat api unggun dan masing-masing regu menampilkan hasil dramanya.dan semuanya pada bagus,reguku membuat drama yang dinamai batu semen karena kudanya jatuh kedalam semen.

Sudah larut malam,aku dan reguku membagi bagi tugas untuk jaga malam,dan tidur.pada bagian jaga malam pertama yaitu layla dari jam 10-jam 12 malam,lalu jaga malam ke-2 yaitu aku dan wulan dari jam 12-2 malam,pada saat aku dan wulan menjaga tenda kami kedinginan sekali karena udaranya sangat dingin pada saat itu,dan aku memakai atasan mukena karena saat mau mengambil sleeping bed ,sleeping bednya tertimpa oleh ajrina yang sedang tidur.dan bagian jaga malam ke -3 yaitu khanza dan ajrina.

Pada saat jam setengah 5 pagi kami semua bergegas untuk mengambil air wudhu dan shalat subuh berjamaah,lalu seperti biasa ada olahraga.setelah itu aku dan reguku menyiapkan makanan untuk sarapan pagi,kemudian berseka dang anti baju.setelah itu kami diberi tugas oleh kang braja untuk pergi ke suatu tempat,dan diregu kami ada yang tidak ikut jadi mereka diberi tugas lain.pada saat diperjalanan reguku yaitu layla aku dan wulan serta regu tsubaki,sakura,dan elang bertemu dan akhirnya bareng untuk ke puncak,saat aku berhenti untuk minum,air minumku tergelincir ke bawah dan susah untuk diambilnya karena jalannya curam.karena waktunya tidak cukup akhirnya kami semua turun dan itu sudah hampir sampai kepuncak.pada saat turun dari puncak kami bertemu dengan regu hiu yang membawa anak kecil,anak kecil itu mengikuti regu hi uterus,karena takut dicarikan oleh ibunya jadi audi dari regu hiu membawa anak itu kebawah lagi dan ternyata anak itu anak dari penjual jajanan diwarung,pantas saja dia berani pergi kepuncak.akhirnya kami kembali ke tenda dan membereskan barang barang karena persiapan mau pulang.

jinan-7 jinan-8

Setelah merobohkan tenda ternyata dibawah tenda ada sarang semut dan ulat,ihhh semuanya kaget dan teriak,pantas saja kaki kaki kami merah digigit semut,setelah semuanya selesai dikemas,kami semua disuruh membersihkan halaman tempat kami berkemah ,karena banyak sampah.setelah itu kami pulang dengan menyewa angkot lagi.pada saat dijalan aku,wulan,dan audi turun dimetro Karena dijemput disana.dan akhirnya semua pulang kembali kerumah masing-masing setelah 3 hari berkemah meninggalkan rumah dan keluarga.perkemahan yang seru dan sangat melelahkan.

#Manfaat yang didapat setelah berkemah:

  • bisa lebih mengenal tentang alam
  • Melatih kebersamaan
  • belajar mandiri

#kekurangan: aku belum cukup siap hiking karena tidak cukup kuat untuk sampai puncak,kurang air minum, karena saat itu aku cuma membawa air minum 1 botol gede dan susu 3, sedangkan air regu 2 botol, jadi aku harus membelinya lagi diwarung sana.

#yang harus diperbaiki: keberanian, kekompakan (tidak egois antar kelompok).

#Pengalaman yang menarik:awalnya aku dan wulan takut dan bercerita tentang makhluk-mahkluk semacamnya, jadi kalau ke wc riweuh, karena sepi, gelap, dan saat itu ada orang yang menyetel music yang suka disetel difilm hantu,pada saat itu aku dan wulan teriak teriak dan kaget, dikiranya itu bukan musik tapi beneran.

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam Pasukan Christina Martha Tijahahu, Pasukan Sam Ratulangi, Perkemahan

Tinggalkan Balasan

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Arsip
Kategori
