Perkemahan Batu Kuda 5-7 Juni 2015

SALAM PRAMUKAAAA….!!!!!

Sebelumnya perkenalkan nama saya adalah Fauzan WP sebagai anggota dari regu elang. Saya akan menceritakan kegiatan perkemahan batu kuda 5-7 juni 2015.

Kegiatan dimulai dengan berkumpul pangkalan SMPN 13. Sambil berkumpul regu kami mengecek peralatan regu dan peralatan pribadi..setelah memastikan barang barang sudah lengkap. Kami beristirahat sejenak. Setelah beberapa lama istirahat regu kami membeli makanan sebagai makan siang.setelah semua anggota regu selesai makan siang kami melaksanakan shalat ashar.setelah shalat ashar kami bersiap siap dengan kembali mengecek barang, sambil menunggu kedatangan angkot. Kami menunggu angkot cukup lama. Dan akhirnya angkot dating. Kami langsung masuk kedalam angkot dengan memasukan barang terlebih dahulu. Regu kami disatukan dengan regu Nusa Indah. Namaun karena angkot penuh saya, Farrel Dan Kahfi bergabung dengan angkot regu lain.kami berangkat dari pangkalan sekitar pukul 16.00 atau sesudah salat ashar.

Perjalanan menuju batu kuda cukup lama karena jarak jauh dan terkendala macet. Karena itu kami sampai di bumi perkemahan di saat langit sudah gelap, atau sekitar jam 19.00 WIB. Setelah sampai kami dan regu lainnya langsung naik menuju lokasi perkemahan, yang tidak terlalu jauh dari gerbang perkemahan. Sampai disana kami langsung memilih tempat untuk mendirikan tenda.

Regu kami cukup kesulitan mendirikan tenda karena lokasi perkemahan sangat gelap. Tetapi regu kami dapat mendirikan tenda dengan baik..setelah itu regu kami beristirahat sejenak. Selesai beristirahat sebagian regu kami menyiapkan makanan dan sebagian lagi melaksanakan shalat.setelah semua anggota sudah melaksanakan shalat kami langsung memakan makanan yang kami buat. Makanan yang kami masak adalah nasi kornet. Setelah makan malam dilanjutkan dengan acara malam. Dan korve malam. Korve malam kami dibagi menjadi 3 giliran. 1 giliran terdiri dari 2 orang. Waktu untuk 1 giliran adalah 2 jam dan berakhir pada jam 04.00 subuh.

Di hari kedua perkemahan, Semua anggota terbangun pukul 04.00 shubuh untuk mengambil air wudhu dan melaksanakan shalat shubuh. Namun ada anggota yang sangat susah bangun. Setelah semua regu sudah mengambil air wudhu kami melaksanakan shalat shubuh yang di pimpin oleh kang braja. Selesai shalat dilanjutkan kuliah subuh dan olahraga. Dan dilanjutkan dengan sarapan

Setelah semua sarapan kami packing barang untuk hiking ke Batu Kuda dan puncak. Setelah packing barang selesai kami melaksanakan upacara yang dipimpin oleh regu perempuan. Setelah itu kami langsung hiking ke Batu Kuda yang dipimpin oleh kakak kelas 9. Perjalanan kesana tidak terlalu jauh tetapi mempunyai jalur yang menanjak. Setelah melewati perjalanan akhirnya kami sampai di lokasi batu kuda. Di lokasi batu kuda kami dan regu lainnya ber istirahat dan mengumpulkan tenaga untuk hiking ke puncak.

Saat hiking ke puncak disinilah perjuangan kami di mulai kami harus melewati jalur yang ekstrim dan menanjak namun kami dapat melewatinya tetapi saat setengah perjalanan Kang Braja memerintahkan kami untuk tidak melanjutkan lagi karena waktu yang tidak memungkinkan, dan juga jalur yang sangat sulit bagi kami.

Akhirnya kami dan regu lainnya turun lagi kebawah dan tidak berhasil sampai dipuncak. Kami tiba kembali di lokasi Batu Kuda dan beristirahat dan mengumpulkan tenaga. Setelah kami rasa tenaga sudah cukup kami kembali ke bawah untuk menuju lokasi perkemahan kembali namun Kang Braja dan kakak kelas 9 kembali lagi kecatas karena ada barang yang tertinggal.

Sampai di lokasi perkemahan sebagian dari kami membersihkan diri dan ada juga yang menjaga tenda. Setelah semua mandi kami melaksanakan shalat dan makan. Setelah semua sudah makan kami dan lainnya melaksanakan upacara yang dipimpin regu laki laki.

Setelah itu kami melaksanakan shalat maghrib. Dan dilanjutkan shalat isya. Setelah semua shalat kami menyiapkan makan malam. Sesudah anggota makan kami melanjutkan acaara lainnya yaitu acara malam. Di acara malam kami dan lainnya disuruh memainkan drama tentang batu kuda sambil menyalakan api unggun. Di acara api unggun kami bernyanyi nyanyi sambil menghangatkan tubuh.

Acara dilanjutkan dengan acara korve malam yang sama seperti malam sebelumnya dan berakhir pukul 04.00

Di hari ketiga Seperti hari sebelumnya kami harus bangun pukul 04.00 untuk melaksanakan shalat shubuh. Tetapi kami dan lainnya terlambat bangun karena tidak ada yang berjaga malam di giliran terakhir. Akhirnya kami semua bangun, dengan terburu buru kami langsung mengambil air wudhu karena waktu shubuh mulai habis. Setelah mengambil air wudhu kami melaksanakan shalat shubuh yang dipimpin oleh Kang Braja.

Shalat shubuh selesai kami langsung melaksanakan olahraga yang dipimpin oleh Kang Braja. Setelah olahraga kami membersihkan diri dan ada juga yang menyiapkan makanan sarapan.

Setelah sarapan selesai kami melaksanakan upacara yang dipimpin regu perempuan. Dan setelah itu kami melaksanakan bakti masyarakat. Setelah bakti masyarakat kami melakukan packing untuk persiapan pulang da nada juga yang shalat dzuhur. Setelah itu kang braja memerintahkan kami untuk membersihkan area lokasi perkemahan yang kami tempati. Setelah dirasa bersih kami langsung pulang menuju pangkalan SMPN 13. Perjalanan menggunakan angkutan umum, perjalanan menuju pangkalang terbilang lancar karena tidak terlalu macet.

Kami tiba di pangkalan sekita pukul 15.00 WIB. Setibanya di pangklan ada yang langsung pulang dan ada juga yang beristirahat di sanggar.

Manfaat yang saya dapatkan adalah saya lebih berani, dan meningkatkan kekompakan dari regu kami.serta dapat meningkatkan kerja sama dan kedisiplinan regu kami.

fauzanwp-2 fauzanwp-1 kahfi-3

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam Pasukan Christina Martha Tijahahu, Pasukan Sam Ratulangi, Perkemahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Arsip
Kategori
%d blogger menyukai ini: