KIM

KIM di halaman parkir

SALAM PRAMUKAAAA….!!!!!

Sebelumnya perkenalkan nama saya adalah Fauzan WP sebagai wakil ketua dari Regu Kalajengking. Saya akan menceritakan kegiatan Latihan Sabtu, 9 April 2015.

Latihan dimulai pukul 08.00 dengan diawali dengan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Farrel dari regu Elang. Setelah itu Kang Braja memerintahkan untuk membawa alat tulis dan buku merah putih dan kembali lagi. Kang Braja menjelaskan tentang materi pada latihan ini materi pada latihan ini adalah KIM. KIM adalaah permainan yang ditemukan oleh Baden Powell yang diambil dari ceritanya dari buku Scouting For Boys. Tentang anak cerdas bernama Kimbal O’Hara. Permainan KIM terdiri dari beberapa jenis yaitu: KIM Lihat, KIM Cium, KIM Dengar, KIM Raba, dan KIM Rasa. Namun yang dilatih pada latihan ini adalah KIM Lihat dan KIM Dengar.

Sebelumnya Kang Braja memberikan kami sebuah lagu. Setelah itu Kang Braja menjelaskan permainan KIM Lihat. Setelah menjelaskan permainan KIM Lihat Kang Braja memberi waktu kepada kami dan memerintahkan untuk berbalik ke belakang dan mengamati benda apa saja yang ada di depan kami dan mengingat-ngingatnya dan tidak boleh mencatat apapun. Lokasinya adalah di halaman parkir sekolah. Setelah waktu habis kami disuruh berbalik kembali dan mendeskripsikan dan menuliskan apa yang kami amati. Setelah selesai mendeskripsikan kami disuruh melakukan percobaan ke-2 namun pada percobaan kedua kami mengamati benda dengan lebih detail. Dan waktu yang lebih lama.

Selanjutnya kami melakukan permainan KIM Dengar. Dengan menutup mata kami harus berkonsentrasi suara apa saja yang terdengar oleh kami. Setelah waktu selesai kami kembali mendeskripsikanya dan membacakannya.

KIM Lihat di lapangan basket

Setelah itu kami disuruh oleh Kang Braja untuk melakukan Kim Lihat  lagi. Namun ini lebih sulit dan waktunya yang lebih lama. Lokasinya adalah lapangan basket sekolah. Juga kami harus menyebutkan apa yang kita lihat berdasarkan arah mata angin. Setelah cukup lama kami mengamati kami mendengar suara peluit tanda waktu sudah habis.lalu kami kembali ke tempat semula dan berhimpun. Lalu kami mendeskripsikan dan membacakannya.dan akhirnya latihan selesai. Latihan ditutup dengan upacara penutup yang dipimpin oleh Farrel.

Selesai upacara kami mengujikan SKU, setelah mengujikan SKU kami bermain di sanggar, berlatih lintas kering. Memasang tali di antara dua pohon dan kemudian menyusuri tali tersebut.

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: , ,
Ditulis dalam Latihan Rutin, Pasukan Christina Martha Tijahahu, Pasukan Sam Ratulangi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Arsip
Kategori
%d blogger menyukai ini: