Regu Sakura Jelajah Kota Bandung

Sakura

Sabtu, 7 Maret 2015

Kegiatan kali ini, kita akan menjelajah ke beberapa tempat di Kota Bandung. Sayangnya, dalam kegiatan kali ini hanya ada 3 orang yang hadir, yaitu Jasmine sebagai juru uang, Hawwa sebagai juru adat, dan Zahra sebagai juru komunikasi. Sedangkan yang lainnya berhalangan untuk hadir.

Sebelum menjelajah kota, kami berkumpul terlebih dahulu di pangkalan SMPN 13 Bandung. Di pangkalan kami melakukan upacara pembukaan.

Selanjutnya kami membuat barisan berbanjar per regu. Pir dipanggil Kang Braja untuk membuat himpunan. Karena Pir Regu Sakura berhalangan untuk hadir, dan begitu pun dengan Par Regu kami ini, jadi diwakilkan oleh Jasmine. Para Pir Regu di perintah oleh Kang Braja untuk mengecek barang, barangkali ada yang belum lengkap. Setelah semua mengerti himpunan dibubarkan.

Pir Regu langsung kembali ke barisannya masing-masing, dan langsung mengecek barang bawaan. Kami hanya diperbolehkan membawa dua tas saja. Setelah selesai mengecek barang, kami langsung berlari pagi menuju stasiun kereta api, perjalanan ke stasiun kurang lebih memerlukan waktu setengah jam.

Perjalanan ke stasiun cukup membuat kami kelelahan. Di perjalanan kami bergantian membawakan tas yang cukup berat. Akhirnya kami sampai di stasiun. Kang Raihan menyuruh para pir regu untuk segera membeli tiket kereta api sebanyak jumlah anggota regu masing masing yang dapat hadir hari ini. Tapi ternyata… tiket kereta sudah habis terjual. Kami sedikit kecewa mendengar hal itu. Jadi Kang Raihan menyuruh kami  untuk menaiki Bis Damri untuk sampai ke Alun-alun Bandung.

Tetapi karena kami malas untuk menunggu bis datang, kami memutuskan untuk jalan kaki sampai ke Alun-alun. Regu Sakura berjalan bersama dengan Regu Nusa Indah, Regu Hiu, dan Regu Elang. Ditengah perjalanan Regu Sakura beristirahat sebentar karena kami kelelahan, baju kami sudah setengah basah karena keringat, sehingga kami tertinggal jauh oleh regu Elang. Kami melanjutkan perjalanan bersama Regu Hiu dan Nusa Indah. Di perjalanan kami sempat bercanda bersama , menambah keseruan jelajah kota kali ini. Rasa lelah kami terbayarkan karena telah sampai di Alun-alun. Tetapi baru saja kami memasuki kawasan Alun-alun, kami sudah kena marah tukang yang sedang bekerja memperbagus Alun-alun, karena Zahra tak sengaja menginjak tali yang sedang digunakan tukang bangunan itu. Sontak saja, kami kaget bukan main, kami berlari menjauhi tukang bangunan yang berteriak kencang memarahi kami xixixi…😄. Di sana sudah ada Kang Braja. Setelah semua regu sampai di Alun-alun, Kang Braja memberikan kertas kepada Pir regu yang berisi petunjuk jelajah kota kali ini dan pertanyaan yang harus kami jawab.

Kami segera bergegas pergi menyelesaikan tugas karena kami hanya diberi waktu satu jam oleh Kang Braja. Regu Sakura memutuskan untuk bersama kembali dengan Regu Hiu. Tujuan pertama kami adalah ke Gedung Merdeka dan Museum KAA yang tidak jauh dari Alun alun.

Setelah tujuan pertama sudah kami singgahi, berikutnya kami pergi ke tujuan kedua, yaitu toko kopi yang sudah legendaris. Nama toko itu adalah Aroma Coffee.

Aroma Coffee

Disana banyak sekali orang yang datang hanya untuk mencicipi kopi.

Sudah 2 tempat yang kami kunjungi berarti sekarang tersisa 4 tempat yang harus kami kunjungi. Tetapi karena kami pergi bersama regu hiu, kami harus menunggu mereka membeli jajanan didekat Aroma Coffee, sebab mereka merasa lapar. Sembari menunggu mereka, kami bertanya arah menuju stasiun Bandung kepada beberapa orang yang berada di sekitar Aroma Coffee. Kurang lebih sudah 10 menit kami menunggu regu hiu, akhirnya kami melanjutkan kembali perjalanan ke Stasiun Bandung. Tempat ini agak jauh dari Aroma Coffee, di perjalanan kami terus menanyakan arah menuju Stasiun Bandung karena kami takut tersesat.

Diperjalanan menuju Stasiun kami menemukan studio grup band ST-12 yang merupakan tempat yang terdapat di kertas yang tadi Kang Braja berikan. Sayangnya kami lupa untuk memfoto studio yang beralamatkan Jl. Stasiun Timur no. 12 tersebut.

Sekarang tersisa 3 tempat lagi yang harus kami singgahi.

Kami melanjutkan perjalanan menuju stasiun Bandung.

Tak terasa waktu sudah menunjukkan pukul 10.43.

Itu artinya kami hanya mempunyai waktu 17 menit lagi. Kami sampai di Stasiun Bandung. Disana kami istirahat sejenak dan sempat berfoto. Sayangnya Hawwa dan Zahra tidak bisa ikut berfoto.

St Bandung

Sakura-Hiu

Kereta Api

Lokomotif

Selamat Datang

Karena kami pikir waktu sudah tidak memungkinkan untuk mengunjungi 2 tempat lagi yang belum kami ketahui dimana tempatnya, jadi kami memutuskan untuk langsung kembali ke Alun-alun. Kami jalan sampai dekat Pasar Baru. Di situ kami menemukan titik terang karena ternyata Pasar Baru adalah tempat yang harus kami singgahi juga.

Pasar Baru

Dari Pasar Baru kami menaiki angkot menuju Alun-alun. Di angkot kami bertemu kembali dengan regu Nusa Indah.

Akhirnya kami sampai di Alun-alun. Regu kami lalu melaporkan hasil penjelajahan kami kepada Kang Raihan. Kami berhasil mengunjungi semua tempat kecuali titik 0 Bandung. Setelah laporan di terima oleh Kang Raihan, lalu Kang Raihan memberikan kami tugas yaitu membuat artikel ini, dan kami pun dipersilahkan kembali ke Pangkalan SMPN 13 Bandung dengan menaiki angkot.

Tak lama, kami pun sampai di Pangkalan SMPN 13 Bandung. Disana sudah ada Kang Braja yang menanti kami. Lalu kami pun melaporkan tugas kami kepada Kang Braja setelah itu kami dipersilahkan untuk pulang ke rumah masing-masing.

Demikianlah cerita Regu Sakura saat menjelajah kota minggu lalu.

Peta Perjalanan

Profil Anggota Regu

1. Jasmine
Jasmine

Nama lengkap saya Jasmine Fasya Fadillah. Saya mempunyai jabatan di Regu Sakura sebagai juru uang. saya lahir di bandung pada tanggal 25 November 2002. Saya tercatat sebagai anak kelas 7G di SMPN 13 Bandung. Hobi saya membaca buku (bukan buku pelajaran) xixixixi….

1. Hawwa
Hawwa

Nama lengkapku Hawwa ‘Ainaa Ishak  dari regu sakura dengan jabatan sebagai juru adat. Pada saat keliling kota tanggal 7 Maret 2015 saya tidak mengalami pengalaman menarik, tetapi jalan-jalan keliling Kota Bandung sangat mengasyikan. Aku pun bisa tahu beberapa letak bangunan penting di Kota Bandung.

1. Zahra
Zahra

Nama saya Zahra Putri Nabilah dari regu sakura yang menjadi juru komunikasi dalam regu tersebut. Sekarang saya kelas 7G, fakta-fakta saya adalah suka ketawa keras-keras,suka marah-marah, suka sok ngatur, dll. tapi Alhamdulillah sekarang saya udah pake kerudung karena sudah dapat hidayah dari Allah Swt hehe😀 walaupun saya begitu orangnya tapi saya orangnya ga bisa nyakitin hati orang lagi #sok sok an udah sekian wassalam.

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: , , , ,
Ditulis dalam Kegiatan, Latihan Rutin, Pasukan Christina Martha Tijahahu, Pasukan Sam Ratulangi