Latihan Tali-Temali

tali temali ramu

Salam Pramuka!

Hai teman-teman! Kali ini saya akan menceritakan tentang latihan hari Sabtu, 21 Februari 2015. Sebelumnya perkenalkan nama saya Farah Azhariani, Wakil Ketua Regu Bunga Nusa Indah.

Seperti biasa, kami berkumpul di lapangan SMPN 13 pada pukul 08.00, untuk melaksanakan upacara pembukaan latihan rutin Sabtu ini. Upacara pembukaan ini dipimpin oleh Farrel dari Regu Elang dan Kang Raihan. Setelah upacara, kami melakukan olahraga pagi yang dipimpin oleh 2 orang, 1 perwakilan dari putri dan 1 perwakilan dari putra. Kami melakukan pemanasan mulai dari kepala sampai kaki dilanjutkan dengan senam kombinasi.

pemanasan

 

Setelah melakukan olahraga pagi, kami melakukan permainan. Kami berbaris per-regu, Kang Raihan pun menaruh sepotong ranting di depan masing-masing regu dengan jarak tertentu. Ketentuannya adalah, kami harus mengambil ranting tersebut tanpa melewati garis batas dan tanpa menyentuh lantai lapangan. Tentunya banyak regu yang kesusahan untuk mengambil ranting itu, tetapi ada pula regu yang berhasil mengambil ranting itu.

mengambil ranting

Setelah melakukan permainan, kami kembali berbaris. Kami pun mengambil tambang yang telah kami bawa, dan perwakilan dari setiap regu mengambil 2 tongkat dari sanggar. Setelah semua barang terkumpul, kami berkumpul kembali. Kang Raihan menyuruh kami untuk membuat tiang bendera dengan cara menyambung 2 tongkat dengan tali. Dalam 15 menit kami harus merakit tiang bendera itu. Setelah 15 menit berlalu, kami berhimpun untuk melihat hasil tiang bendera yang telah dibuat setiap regu. Tak lama kemudian kami membuat 2 himpunan, 1 himpunan diberi materi oleh Kang Raihan dan 1 himpunan lagi oleh Kang Braja.

Bersama Kang Braja kami belajar mengenai simpul mati, simpul hidup, dan simpul pangkal. Ternyata belajar mengenai simpul itu tidak sulit, asalkan tahu mengenai teknik membuat simpul tersebut. Kami juga diberi tahu mengenai kegunaan simpul yang kami pelajari. Bersama Kang Raihan kami belajar mengenai cara membuat tiang bendera yang benar, dan juga kuat.

Tali temali 1

Tali temali 2

Setelah belajar mengenai simpul dan cara membuat tiang bendera, kami membereskan peralatan dan mengembalikan tongkat yang sudah kami pinjam dari sanggar. Kami pun membentuk angkare untuk melaksanakan upacara penutupan yang dipimpin oleh Farrel dan Kang Raihan. Setelah latihan selesai, kami mengujikan SKU.

nguji sku

Sampai bertemu kembali di latihan sabtu berikutnya!
Ditulis oleh: Farah Azhariani, Wakil Ketua Regu Bunga Nusa Indah, Gudep KB 13008 Nagagini

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: , ,
Ditulis dalam Latihan Rutin, Pasukan Christina Martha Tijahahu, Pasukan Sam Ratulangi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Arsip
Kategori
%d blogger menyukai ini: