Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SMPN 13 Bandung 2014

MPLS 2014

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk tahun ini dilaksanakan pada hari Senin tanggal 14 Juli 2014. Pramuka mendapat keistimewaan untuk didahulukan dan diberi porsi lebih untuk memperkenalkan kegiatannya karena dalam satu semester kedepan adik-adik kelas VII yang baru akan melakukan kegiatan wajib latih Pramuka sebagai program dari dinas pendidikan. Menurut rencana pengenalan kegiatan Pramuka dilakukan pukul 09.00 sampai pukul 12.00 WIB untuk itu kami berkumpul di sanggar untuk briefing pukul 07.00 WIB. Kegiatan MPLS ini dihadiri oleh satu orang pembina (Kang Braja), empat orang penegak (Saya, Raihan, Widyarina, Prima) dan sebelas orang orang penggalang.

Acara dimulai dengan melakukan pengondisian adik-adik kelas VII, setelah itu adik-adik putri kelas VII masuk ke dalam aula untuk menerima materi mengenai kegiatan pramuka dari Raihan dan Widyarina. Sedangkan adik-adik putra tetap dilapang untuk melakukan permainan, yang dipandu oleh saya (Tia), kang Braja, Prima beserta sebelas orang penggalang. Permainan pertama yaitu estafet bola pingpong, adik-adik putra kelas VII di instruksikan untuk mengambil buku dan alat tulis ke ruangannya masing-masing, setelah itu adik-adik kelas VII berdiri sesuai kelompoknya untuk melakukan permainan. Setelah semua kelompok siap dengan bukunya, permainan pun dimulai. Sorak sorai adik-adik putra kelas VII saling menyemangati, ada yang kembali mengulang dari awal karena bola pingpongnya jatuh, ada juga yang menyelesaikannya dengan cepat tanpa menjatuhkan bola pingpongnya. Bersoraklah lima tim pertama yang bola pingpongnya sampai di ujung terlebih dahulu. Itu artinya kelompok merekalah yang lolos ke permainan selanjutnya. Tapi tak hanya itu, ada satu kelompok lagi yang akan masuk ke permainan selanjutnya, satu tiket tersebut diperebutkan oleh enam kelompok dengan permainan yang sama yaitu estafet bola pingpong.

Setelah didapatkan enam tim yang akan terus bermain, permainan pun dilanjutkan dengan games estafet menggambar. Semua peserta terkejut ketika mendapat instruksi untuk menggambar “Kang Braja”. Permainan berlangsung ditengah terik matahari, walaupun dalam keadaan panas tapi anak-anak tetap bermain dengan gembira. Permainan estafet menggambar pun dimulai dengan bunyi peluit dari kang Braja, adik-adik putra kelas VII silih berganti lari ke tempat karton, yang dipasang di sebrang, untuk menggambar. Gambar hasil karya adik-adik kelas VII unik unik, ada yang gambarnya sangat besar ada juga yang sangat kecil. Dan akhirnya permainan estafet menggambar ini dimenangkan oleh kelompok Otto Isakandar Dinata dan Cut Nyak Dien. Kedua kelompok ini lah yang melaju ke permainan selanjutnya yaitu permainan tarik tambang. Adu kuat dari tarik tambang ini dimenangkan dengan skor telak 2-0 oleh kelompok Cut Nyak Dien, sehingga kelompok Cut Nyak Dien resmi menjadi pemenang permainan ini. Permainan di lapang ini diakhiri dengan bernyanyi bersama lagu potong lalang sampai potong lalang ke tiga belas. Seru dan panas!

Bersamaan dengan permainan yang dilakukan adik-adik putra kelas VII di lapang, di dalam aula pun adik-adik putri sedang mendengarkan penjelasan mengenai kegiatan yang dilakukan pramuka. Mereka mendapatkan penjelasan singkat tentang sejarah kepanduan dunia, sejarah kepramukaan Indonesia dan sejarah kepramukaan di pangkalan SMPN 13 Bandung. Selain itu mereka mendapatkan penjelasan mengenai kegiatan-kegiatan pramuka di pangkalan maupun di luar. Penjelasan diakhiri dengan menonton film pendek “Hadiah untuk Negeriku”, pemenang scout indie movie kwarda Jawa Barat tahun 2012, dan games berhadiah.

Setelah adik-adik kelas VII putra dan putri selesai di sesi pertama, selanjutnya mereka berpindah tempat, adik-adik putri berpindah ke lapangan untuk melakukan permainan sedangkan adik –adik putra masuk ke dalam aula untuk mendengarkan penjelasan. Hal yang sama juga dilakukan oleh adik-adik putri di lapang, yaitu bermain permainan estafet bola pingpong, estefet menggambar dan tarik tambang dan permainan ini dimenangkan oleh kelompok W. R. Supratman. Hal yang sama pula dilakukan oleh adik-adik putra di dalam aula, yaitu mendengarkan menjelasan dari Raihan dan Widyarina.

Rangkaian kegiatan ini berakhir pada pukul 11.00, setelah itu kami (saya, Raihan, Prima, Kang Braja, Widyarina) masuk ke aula untuk menyelesaikan hadiah yang akan diberikan pada juara, sebuah foto berbingkai, sehingga keesokan harinya hadiah dapat diberikan pada kelompok pemenang. Kami juga langsung menyelesaikan The Sanggar News untuk di tempel di kelas-kelas agar bisa langsung dilihat oleh adik-adik kelas VII.

Ditulis oleh: @akangtia

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: ,
Ditulis dalam Masa Orientasi Siswa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Arsip
Kategori
%d blogger menyukai ini: