WAJIB PRAMUKA DI KURIKULUM 2013

Kewajiban mengikutkan siswa menjadi anggota Pramuka adalah efek dari kurikulum 2013. Kalimat persisnya seperti apa saya juga tidak tahu. Mewajibkan siswa menjadi anggota Pramuka menjadi dilema tersendiri. Menurut UU No 12 th 2010 tentang Gerakan Pramuka pasal 20 ayat 1: Gerakan Pramuka bersifat mandiri, sukarela, dan non politis dan ART Gerakan Pramuka hasil munaslub 2012 Pasal 7 ayat 4: Gerakan Pramuka bersifat sukarela, artinya tidak ada unsur paksaan, kewajiban, dan keharusan untuk menjadi anggota Gerakan Pramuka.

Jelas bahwa menjadi anggota Pramuka adalah suka dan rela. Mewajibkan siswa menjadi anggota Pamuka adalah bertentangan dengan UU Gerakan Pramuka dan AD/ART Gerakan Pramuka. Lantas bagaimana cara menjalankan amanah kurikulum 2013?

Ini yang kami cermati agar tidak terjadi pelanggaran tetapi tetap menjalankan amanah kurikulum 2013. Kesempatan ini tidak boleh dilewatkan. Sangat menolong terutama bagi pangkalan kami (SMPN 13 Bandung) dimana sudah 10 tahun lebih jumlah anggota golongan penggalang tidak pernah sampai 50 orang.

Menyimak apa yang Kakwarnas sampaikan pada amanah di Upacara Hari Pramuka tahun 2013 yaitu pada intinya kewajiban yang tercantum dalam kurikulum 2013 adalah kewajiban sekolah untuk mengembangkan gugusdepan yang berpangkalan di sekolah atau mendirikannya jika belum ada. Akhirnya kami di gugusdepan sepakat untuk menawarkan wajib latih ke manajemen sekolah dan bukan wajib menjadi anggota Pramuka. Dengan demikian, siswa tetap dapat mengikuti ekstrakurikuler lain (di SMPN 13 jumlahnya lebih dari 15) dan kami pun dapat mengoptimalkan kesempatan untuk memperkenalkan Pramuka khususnya yang ada di Gugusdepan kami  pada para siswa.

Wajib latih menurut kami adalah pilihan terbaik, dimana siswa mengikuti latihan Pramuka selama kurun  waktu tertentu tanpa harus menjadi anggota Pramuka. Materi yang disampaikan adalah materi Penggalang Ramu, dengan harapan hasil akhirnya minimal siswa memiliki pengetahuan paling dasar dari seorang Pramuka golongan Penggalang. Lebih diharapkan lagi jika pada akhirnya mereka tertarik dan memutuskan bergabung di Gerakan Pramuka. Sekolah pun memiliki harapan bahwa selepas wajib latih siswa akan memiliki nilai kedisplinan dan etika. Sesuatu yang tidak mudah karena hal itu memerlukan proses. Setidaknya wajib latih ini dapat memberi pondasi untuk pembentukan karakter siswa.

Demikianlah, akhirnya gugusdepan dan sekolah sepakat melaksanakan wajib latih Pramuka pada siswa baru yang menjalankan kurikulum 2013. Tantangan berikutnya adalah membuat wajib latih ini menjadi menarik dan menghilangkan unsur keterpaksaan pada siswa.

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Wajib Latih
2 comments on “WAJIB PRAMUKA DI KURIKULUM 2013
  1. Rian wibowo mengatakan:

    Pramuka memanglah eskul wajib karna merupakan ekskul tertua di indonesia.

    • braja santika mengatakan:

      Sesuai Undang-Undang Pramuka, sifat pramuka adalah sukarela. Sama saja dengan melanggar undang-undang apabila pramuka diwajibkan.

      Pramuka adalah organisasi gerakan bukan ekskul. Hanya saja kebanyakan pangkalannya ada di sekolah-sekolah. Sangat dibolehkan sebuah gugusdepan memiliki satuan siaga, penggalang, penegak, dan pandega sekaligus. Tidak tergantung sekolahnya apa.

      Salah kaprah apabila organisasi gerakan pramuka disamakan dengan ekskul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Arsip
Kategori
%d blogger menyukai ini: