Sistem Pemerintahan

Baca judulnya semoga ga bikin adik-adik malas atau serem..

Saya kan masih SMP, kelas satu lagi, buat apa sih tahu urusan RT, RW apalagi sampe kecamatan..?

Negara adalah sebuah organisasi besar. Dibentuknya pemerintah pada awalnya untuk melindungi sistem ketertiban di masyarakat sehingga seluruh masyarakat dapat menjalankan aktivitas kehidupan dengan tenang dan lancar. Seiring jaman,  fungsi dan peran pemerintahan tidak hanya sebatas pelindung melainkan juga pelayan masyarakat. Dulu, rakyat yang harus melayani pemerintah, contohnya dengan memberi upeti. Itu dulu, waktu masih jaman penjajahan.

Nah, dalam kehidupan sehari-hari, wakil pemerintah terdekat adalah Ketua RT dan Ketua RW. Ketua RT  dan ketua RW berperan mengkoordinir warga, menjembatani antar warga, menyelesaikan masalah kemasyarakatan, dan menjembatani warga dan pemerintah.

Penting untuk tahu siapa Ketua RT dan Ketua RW di tempat tinggal mu, agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan di rumah, atau dilingkungan sekitar rumah mu saat kalian sendirian di rumah, kalian tahu harus kepada siapa meminta bantuan dan melaporkan peristiwanya.

Tidak semua tempat di Indonesia memiliki alamat yang teratur. Banyak rumah di dalam gang dengan alamat yang tidak jelas. Atau bahkan tidak memiliki nama jalan. Jika kalian mencari alamat dan tidak menemukannya, selama berbekal nama lengkap orang yang dituju, dan alamat lengkap (mencantumkan RT,RW, Kelurahan dan kecamatan)kalian bisa mendatangi Ketua RT setempat. Sebagai Ketua RT, beliau mengenali semua warganya sehingga bisa membantu mu mencari alamat yang dituju.

Mungkin tidak terbayang kalian akan mengalami hal-hal seperti yang diceritakan. Berjaga tidak pernah salah, seperti motto Kepanduan dunia “BE PREPARED”.

Jadi..

Silakan adik-adik mencari tahu Ketua RT dan Ketua RW di kediaman adik-adik. Termasuk wilayah kelurahan serta kecamatan mana, dan berkunjunglah ke kecamatan adik-adik tinggal. Carilah hal-hal menarik disana. Selamat mencari J

FYI..

SMPN 13 itu lokasi nya di kelurahan Cijagra, kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: ,
Ditulis dalam SKU dan SKK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Arsip
Kategori
%d blogger menyukai ini: