Aku Pramuka – Film Pendek 100 Tahun Kepanduan

“AKU PRAMUKA”
Pengamalan Darma Pramuka dengan atau tanpa seragam

Tercantum dalam pasal 14 ART Gerakan Pramuka hasil Munaslub Tahun 2012 Kode Kehormatan Pramuka terdiri atas janji yang disebut Satya Pramuka dan ketentuan moral yang disebut Darma Pramuka.

Era saat ini informasi mudah diperoleh. Peristiwa sekecil apapun dapat di ekspos menjadi besar. Berita tentang tawuran remaja, penyalahgunaan narkoba, seks bebas, dan banyak lagi lainnya begitu sering menghiasi televisi. Generasi seperti apa yang kelak akan memimpin bangsa ini jika gambaran remajanya seperti yang tampak di televisi?

Gerakan Pramuka mempunyai alat yang dapat menjadi pagar perilaku setiap anggotanya. Darma adalah ketentuan moral seorang anggota Pramuka. Wujud pribadi seorang Pramuka tercermin dalam Darma.

Adit, anggota Pramuka, seorang pemuda sederhana yang kaya akal dan budinya. Dasa Darma adalah kesehariannya. Mengamalkan dasa darma dimulai dari kehidupan sehari-hari, dari yang paling sederhana, dan tidak perlu ditunda. Ternyata mengamalkan dasa darma itu mudah. Berpegang pada dasa darma tidak membuat Adit menjadi orang aneh.

Film berdurasi 8 menit 50 detik ini terinspirasi dari kehidupan nyata Aditya Hidayat, penggalan sekelumit keseharian Adit yang tidak lepas dari Dasa Darma. Seandainya ada 100 Adi-Adit lain, 1000, 10.000… Masa depan Indonesia berada di tangan generasi yang benar. Dan para pahlawan dapat tersenyum dari kuburnya.

Film ini digarap oleh tim yang terdiri dari Braja Santika yang memproduseri dan memberi ide cerita, M. Raihan yang mengarahkan para pemeran dan menjadi juru kamera. Pemeran utama dan property oleh Aditya Hidayat.

 

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: , , ,
Ditulis dalam Film Pendek

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Arsip
Kategori
%d blogger menyukai ini: