Latihan di Bulan Ramadhan

Kang, teh, hari Sabtu ini latihannya apa?

Tentunya adik-adik kita akan bertanya seperti itu. Karena pada bulan suci Ramadhan, apalagi di cuaca yang seperti sekarang, paling enak tiduran, sambil nunggu buka. Atau diam di warnet, sambil chatting dan bermain game.

Tapi latihan tetap ada. Karena seperti kita ketahui, selalulah ingat, “Tidak ada regu yang terlatih, yang ada adalah regu yang selalu berlatih!”

Pukul 13.00 WIB, adik-adik seperti biasa bersiap-siap upacara angkare. Setelah upacara pembukaan selesai, latihan dibuka dengan nyanyian, “disini senang, disana senang, dimana-mana hatiku senang…”

Tentunya, karena bulan puasa kegiatan latihan pun disarankan jangan yang terlalu berat, seperti latihan baris-berbaris. Tetapi jangan juga latihan monoton di kelas, karena hanya akan membuat ngantuk. Cobalah permainan yang mengasah kemampuan berpikir dan memory. Misalkan, bagi adik-adik menjadi kelompok yang terdiri dari dua orang. Suruh mereka mencari tempat yang teduh di pinggir lapangan, jangan terlalu jauh agar suara Kakak Pembina masih dapat terdengar. Setelah itu, permainan dapat dimulai, permainan ini praktis sekali, tidak memerlukan alat, yang penting Kakak Pembina memiliki catatan jawaban permainannya.

Mulailah dengan menyebutkan kata-kata secara acak, secara lantang dan setiap selesai satu kata diberi jeda yang cukup. Jumlah kata bebas, tapi usahakan dibawah 10 kata saja. Misalkan, “Bola, Raket, Lapangan, Helm, …” Kemudian, selesai menyebutkan kata-kata tersebut, beri perintah kepada adik-adik kita. Misalkan, “Dari kata-kata yang telah tadi Kakak ucapkan coba ada berapa jumlah huruf keseluruhannya?”

Mantap bukan? Adik-adik kita bisa berlatih dengan gembira, tanpa merasa jenuh, dan juga tidak terlalu banyak bergerak. Karena mereka harus mengandalkan ingatannya, pasti akan banyak yang salah, tapi ketika dicoba kedua kalinya biasanya akan lebih banyak betulnya. Perintah pun bisa diubah, misalkan, “Dari kata-kata yang telah tadi Kakak ucapkan coba berapa kata yang termasuk bidang olahraga?” Atau “Coba susun menjadi sebuah kalimat!”

Selesai kegiatan tentunya harus diberi dibahas dan dievaluasi. Permainan tadi sangat bagus untuk meningkatkan daya ingat adik-adik kita. Permainan tersebut juga bisa dijadikan metode menghapal yang baik, contoh yang sangat terkenal adalah metode menghapal Dasa Darma Pramuka, atau di pelajaran sekolah seperti menghapal Tabel Unsur Kimia. Dengan menyusun kata-kata kunci menjadi kalimat yang lucu-lucu, biasanya otak kita mampu mengingat lebih lama.

Latihan yang lain adalah dengan meminta kepada adik-adik kita untuk menjadi panitia kegiatan mengisi bulan Ramadhan, seperti yang selalu dilaksanakan di Gudep kami, yaitu kegiatan Berbuka Puasa dan Sahur Bersama. Semua diurus oleh Pasukan Penggalang. Mulai dari proposal, panitia, survey, undangan, acara, hingga penyediaan makanan berbuka dan sahur. Dalam kepanitiaan adik-adik kita mau tidak mau akan belajar banyak hal, mulai dari cara membuat proposal, menggunakan komputer untuk membuat publikasi dan surat-surat, hingga belajar berbicara mengungkapkan pikiran didepan teman-temannya sendiri dan orang yang lebih tua.

Bagaimanapun juga bulan puasa jangan sampai menjadikan pasukan tidak berkegiatan, karena di bulan yang penuh rahmat ini kesempatan yang bagus sekali untuk adik-adik kita mengamalkan butir-butir Dasa Darma.

Selamat Berlatih!

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: ,
Ditulis dalam Kegiatan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Arsip
Kategori
%d blogger menyukai ini: