Upacara Ulang Janji

Sabtu ini latihan rutin Pasukan kita digeser jadi pagi hari. Pukul 09.00 WIB adik-adik Pasukan Sam Ratulangi dan Pasukan Christina Martha Tijahahu, sudah bersiap-siap untuk mengadakan upacara pembukaan latihan. Kegiatan latihan yang biasanya dimulai pukul 13.00 WIB diubah karena hari ini bukanlah hari biasa.

Satu hari sebelumnya Gerakan Pramuka genap berusia 48 tahun, tepatnya pada tanggal 14 Agustus 2009. Maka latihan pasukan kita kali ini adalah memperingati HUT Gerakan Pramuka tersebut. Walaupun kurang lengkap rasanya, karena beberapa anggota Gugusdepan tidak dapat menghadirinya. Yaitu, Kang Eka yang sibuk sebagai Satgiat Protokol Upacara HUT Gerakan Pramuka di Cibubur, Jakarta dan Cibinong, Bogor. Kemudian salah satu anggota pasukan putra, Muhammad Raihan yang beruntung dapat mewakili Kwarda Jawa Barat sebagai petugas pengucap pada upacara tingkat nasional (sampai masuk TVOne segala. Selamat!). Juga Teh Santi, yang berhalangan karena menjadi panitia Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar di Kwarran Lengkong.

Setelah upacara pembukaan latihan selesai, latihan dimulai dengan permainan mengenal lingkungan SMP Negeri 13 Bandung. Karena adik-adik yang duduk di kelas 7 boleh dibilang baru menjadi warga di Jl. Mutiara, tentunya banyak yang belum mengenal tempat-tempat penting yang ada di lingkungan sekolah. Langsung saja para calon penggalang dibentuk kedalam beberapa kelompok. Tugas mereka adalah mencari tahu alamat serta lokasi dari, RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, kantor polisi, dan Rumah Sakit yang ada di daerah SMP Negeri 13 Bandung.

Pukul 11.30 adik-adik kembali ke pangkalan untuk memperlihatkan hasil pencarian mereka. Setelah heboh berputar-putar, mereka dipersilakan istirahat dan menghabiskan bekal yang mereka bawa. Kegiatan yang sederhana ini memperlihatkan kepada adik-adik kita, dengan metode sambil bermain, tempat-tempat penting tersebut dapat lebih mudah diingat oleh mereka. Sehingga, apabila suatu hari ada yang bertanya atau terjadi kecelakaan, adik-adik sebagai anggota Pramuka dapat membantu dengan cepat dan menunjukkan lokasi yang dibutuhkan dengan tepat.

Tak terasa adzan Dzuhur berkumandang, menandai sudah 3 jam kita berlatih. Segera adik-adik berkumpul membuat angkare untuk upacara penutupan latihan pasukan. Walau latihan pasukan telah ditutup tapi bukan berarti kegiatan telah berakhir. Tiap-tiap pasukan berkumpul untuk membicarakan mengenai kemajuan SKU, juga mengenai kegiatan yang akan datang.

Pukul 14.00 WIB, anggota Pasukan dan anggota Ambalan berkumpul untuk puncak kegiatan hari ini yang akan segera digelar, yaitu Upacara Ulang Janji. Alhamdulillah, di saat teriknya matahari siang, hujan turun dengan lebatnya. Sehingga kita menunggu hujan reda terlebih dahulu. Pukul 15.00 WIB, Upacara Ulang Janji dimulai. Masing-masing golongan bergantian mengucap ulang janji yang dahulu pernah diucapkan, saat dilantik pertama kali sebagai anggota Gerakan Pramuka. Disaksikan Sang Merah Putih, semilir angin sore, serta sejuknya udara setelah hujan, Trisatya pun dikumandangkan dan Salam Janji diberikan.

TRISATYA

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:

  • Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila.
  • Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
  • Menepati Dasadarma.

Sebuah upacara sederhana yang dilakukan sebagai pengingat, bahwa kita sebagai anggota Gerakan Pramuka pernah berjanji. Semoga dengan upacara tersebut menjadikan kita orang-orang yang bahagia, seperti pesan terakhir Bapak Pandu Dunia, Lord Baden-Powell, “Be Prepared” in this way, to live happy and to die happy — stick to your Scout Promise always — even after you have ceased to be a boy — and God help you do it.

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: ,
Ditulis dalam HUT, Latihan Rutin
3 comments on “Upacara Ulang Janji
  1. emidy mengatakan:

    terimakasih, boleh saya share ?
    sangat membantu.

  2. wachyu mengatakan:

    kegiatan nya sangat menarik dan semoga bermanfaat `

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Arsip
Kategori
%d blogger menyukai ini: