Mengawali Tahun Ajaran Baru

Bulan Juli tiba. Saatnya tahun ajaran baru bagi sekolah dimulai. Baik itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, maupun sekolah menengah atas dan kejuruan. Semua sibuk menerima siswa baru. Bersama-sama setiap sekolah mengadakan pengenalan lingkungan sekolah terhadap siswa baru mereka.

Dikarenakan gugusdepan tempat saya membina berpangkalan di sekolah, tentunya penerimaan anggota gugusdepan pun berbarengan dengan tahun ajaran baru.

Apa saja hal yang harus diperhatikan tatkala penerimaan anggota yang baru?

Tentunya dari awal, para pembina harus memiliki rencana yang matang mengenai orientasi yang akan dilakukan. Tidak perlu yang menghabiskan biaya, yang penting mampu memperlihatkan sekreatif mungkin mengenai seperti apa itu pramuka. Hal ini bisa menggunakan slide show kegiatan-kegiatan gugusdepan, memperlihatkan kavling perkemahan, atau melalui brosur-brosur yang dibagikan kepada para siswa baru.

Pada waktu orientasi tersebut, sesingkat apapun waktu yang tersedia, sebisa mungkin para siswa baru dapat melihat bahwa pramuka itu baik itu mereka. Perlihatkan bahwa tatkala mereka bergabung, kakak-kakak mereka akan membantu permasalahan mereka semaksimal mungkin. Juga perlihatkan bahwa kegiatan kepramukaan itu menarik dan menantang, tidak membosankan, penuh kreatifitas dan kegembiraan.

Saya percaya apabila kita dapat mengemas masa orientasi tersebut dengan baik, adik-adik kita dapat melihat bahwa organisasi pramuka adalah organisasi yang baik.

Selanjutnya yang terakhir dan terpenting, yaitu ajakan kepada para calon anggota gugusdepan untuk mengikuti kegiatan latihan yang pertama.

Selamat Tahun Ajaran Baru!
Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Gerakan Pramuka Gugusdepan Kota Bandung 13007-13008 Panduputra-Nagagini Pangkalan SMP Negeri 13 Bandung.

Tagged with: ,
Ditulis dalam Masa Orientasi Siswa, Pembina

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Sekali Memandu! Tetap Memandu!

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Bergabunglah dengan 3 pengikut lainnya

Arsip
Kategori
%d blogger menyukai ini: